Sabtu, Maret 01, 2008

Hidup diibaratkan origami sonobe…

Bagi para pecinta origami pasti tahu apa itu Sonobe. Origami sonobe adalah jenis origami yang bentuknya berdimensi tiga berbentuk bola dari rangkaian-rangkaian lipatan kertas yang membentuk segitiga, yang rangkaian segitiga itu akan membentuk segilima, sampai akhirnya rangkaiannya akan membentuk dimensi bentuk bola.

Menyenangkan kalau sudah membuat sonobe itu. Awalnya sih kelihatan sulit untuk membuatnya, tapi ternyata kalau sudah tau caranya dan mulai membuatnya akan menjadi keasyikan tersendiri.

Sama halnya kita menjalani hidup ini akan menemukan hal-hal yang menyenangkan dan sulit. Tergantung bagaimana si manusia itu untuk menjalaninya. Kita sebagai manusia mempunyai cara dan jalan masing-masing untuk menghadapi kehidupan. Setiap manusia sudah mempunyai perjanjiannya masing-masing dengan Tuhan, tinggal kita sebagai manusia bagaimana cara berdoa untuk meminta kepada Tuhan dan berusaha melakukan yang terbaik untuk kehidupan. Doa yang tulus dan usaha yang keras akan membimbing kita menuju kehidupan yang lebih baik sesuai dengan harapan kita. Selama itu ada usaha maka harapan pun akan selalu ada.

Kesulitan, kesedihan, kesenangan dan kebahagiaan itu adalah beberapa warna yang menghiasi kehidupan. Sama seperti sonobe yang dibuat dengan berbagai warna akan terlihat lebih indah dibandingkan dengan sonobe yang dibuat dengan satu warna. Pastinya tidak akan terasa indah dan tak menarik kalau hidup kita tak berwarna, hanya terasa hambar, hampa dan monoton. Maka kita sebagai manusia yang diberi kesempatan hidup harus bisa berbuat sesuatu, bagaimana menikmati dan menghargai kehidupan dengan selalu saling menolong dan menghargai sesama. Yang dimana kita manusia sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Kita memerlukan orang lain demi kelangsungan kehidupan kita, seperti bentuk bola sonobe tadi. Sonobe akan berbentuk bola dengan rangkaian-rangkaian lipatan kertas yang tersambung yang akhirnya membentuk sebuah bola. Kita hidup memerlukan orang lain untuk saling membantu yang akhirnya nanti akan mewujudkan harapan-harapan kita. Rangkaian sonobe tadi menggambarkan hubungan manusia dengan manusia lain yang tidak bisa dielakkan dalam kehidupan. Hal lainnya yang bisa diambil dari bentuk sonobe yang bisa dimasukkan ke dalam kehidupan adalah bentuk segitiganya yang terangkai menjadi bola. Kita ketahui bahwa segitiga mempunyai puncak segitiga pada bagian atas, lembah segitiga pada bagian tengah dan dasar segitiga pada bagian bawah. Hal ini bisa diibaratkan bahwa kehidupan kita berbeda-beda keadaannya. Ada yang kehidupannya lebih baik, sedang-sedang saja, bahkan ada juga yang sulit yang kurang beruntung. Sonobe dapat mewakilkan sebagai gambaran keadaan kehidupan manusia, apabila di puncak segitiga maka keadaan kita baik, saat kedudukan kita berada di lembah segitiga maka keadaan kita sedang-sedang saja, cukup baik atau sederhana saja. Sedangkan keadaan yang kurang beruntung atau bisa dibilang serba kekurangan maka kita berada di segitiga bagian bawah. Tapi kehidupan itu terus berputar, kedudukan dan keadaan pun dapat berubah-ubah. Tinggal bagaimana lagi kita menjalani dan menghargai kehidupan yang ada ini.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Bagus. Sonobe yang mengibaratkan tentang kehidupan manusia.

Anonim mengatakan...

berapa lama yah bikin 1 sonobe?

x8

Ikan Hiu Makan Tomat, Thank You Very Much

Semua ini hanya ekspresi jiwa dan pikiran sendiri yang ingin bebas, dengan norma kesopanan yang masih dijunjung guna tidak menyakiti orang lain. Tidak dilarang berkomentar atau mengkritik, hanya di sini dilarang iri dan sirik. Jika sirik dan iri, silahkan bikin Blog saja.