Selasa, Agustus 19, 2008

Komitmen ?

Komitmen itu apa, sih?

Komitmen adalah perjanjian untuk melakukan suatu hal (berdasarkan Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Drs. Ahmad A.K.Muda).

Komitmen biasanya dekat dengan masalah hubungan pasangan dengan pasangan. Selalu dikaitkan dengan keseriusan dan tanggung jawab dalam suatu hubungan. Padahal sebenarnya tidak hanya dalam suatu hubungan pasangan dengan pasangan saja, tetapi juga komitmen dapat dipakai didunia pekerjaan, pendidikan, dan masih banyak lagi. Contohnya saja pada dunia pekerjaan, komitmen karyawan kepada perusahaan, melakukan semua kewajibannya dan mendapatkan haknya.

Kembali lagi kepada masalah komitmen pada hubungan antara pasangan, komitmen disini dekat dengan yang namanya keseriusan dan tanggung jawab. Beberapa orang diluar sana khususnya kaum wanita menyebutkan komitmen itu penting. Dengan komitmen kita bisa menilai sejauh mana niat baik sang pasangan kita.



Buatku, komitmen itu adalah sungguh-sungguh. Sungguh-sungguh menjalani kewajiban, entah itu dalam hal perkerjaan, pendidikan, serta peran didalam keluarga sebagai anak. Komitmen bukan hanya untuk percintaan saja. Tapi komitmen merupakan suatu sikap yang didasari dengan kesungguhan.

Buat kamu, komitmen itu penting ga?

Yuli (karyawan, 29 tahun)
Kalau cowok memang serius dan niatnya baik, pasti cowok itu akan ajak berkomitmen. Bicara ke arah yang lebih serius dan tidak buat gantung pasangannya. Komitmen sangat penting dalam suatu hubungan. Buatnya keseriusan dalam suatu hubungan harus diawali dengan komitmen. Dengan didasari komitmen tersebut maka kedua pasangan tersebut akan tanggung jawab dalam menjalani hubungannya. Dengan sudah berkomitmen saja masih suka ingkar, bagaimana kalau hubungan yang tidak dilandaskan komitmen? Mau jadi apa?

Purwadi (karyawan dan mahasiswa, 27 tahun)
Buat gue, komitmen itu ada saat gue akan memasuki dunia yang baru. Saat gue akan melangsungkan pernikahan, nah, disitulah komitmen hadir. Gue akan lebih bertanggung jawab akan hidup dan segala hal pasangan gue. Tetapi saat gue masih sendiri, kebebasanlah yang ada dihidup gue. Bebas belajar, bebas kenal dengan siapapun, bebas melakukan apapun, dan bebas berhubungan dengan siapapun.

Ahmad (karyawan, 34 tahun)
Suatu hubungan bukan sekedar dengan komitmen saja, tetapi toleransi dan perasaan yang pasti. Suatu hubungan juga tidak diukur dari sebuah komitmen, selama hubungan dijalani oleh pasangan yang saling mencintai, saling menerima kelebihan, kekurangan, serta keadaannya masing-masing, hubungan tersebutpun layak dijalani. Jangan sampai dengan adanya komitmen memberatkan suatu hubungan, yang ujung-ujungnya menuntut sesuatu yang tidak bisa disanggupi salah satu pasangan. Tanggung jawab itu akan mengalir dengan sendirinya diantara hubungan apabila pasangan tersebut memang bisa menerima kondisi apapun. Intinya adalah toleransi dan saling menerima.

Ternyata komitmen itu beragam pengertian dan fungsinya. Antara pasangan satu dengan pasangan lainnya berbeda menyikapi suatu komitmen. Hal tersebut tidak membuat para pasangan yang ada dimuka bumi ini “ribet” dengan sosok si komitmen itu. Tetap ada cinta dan hubungan.

So, menurut kalian, komitmen itu apa, sih? Silahkan mendefinisikan masing-masing.

3 komentar:

Thenadi mengatakan...

kenapa lelaki yang pernh dilukai...

dan bila hadir insan lain dalam hidupnya

...dia seolah olah mensia siakan insan tersebut X)

chandrakula mengatakan...

komitmen...

janjian moderen kalo menurut gw...

hehehehe

Ika Nuri mengatakan...

Hmmm, bukannya kalau sudah moderen, ga perlu tuh yang namanya komitmen, he he he. Jalan ya jalan aja, musimnya teman tapi mesra...... (Ratu Mode ON)

He he he....

Ikan Hiu Makan Tomat, Thank You Very Much

Semua ini hanya ekspresi jiwa dan pikiran sendiri yang ingin bebas, dengan norma kesopanan yang masih dijunjung guna tidak menyakiti orang lain. Tidak dilarang berkomentar atau mengkritik, hanya di sini dilarang iri dan sirik. Jika sirik dan iri, silahkan bikin Blog saja.